Beasiswa Mahasiswa Berprestasi UNIBRAW 2010

PENGUMUMAN PSB UNIBRAW 2010 disini

Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB) Universitas Brawijaya 2010

Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB) di Universitas Brawijaya dilakukan tanpa ujian tulis, dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik di bidang akademik maupun non akademik, yang karena sesuatu hal, misalnya: karena proses belajar- mengajar di sekolah yang kurang baik, karena keaktifan siswa pada kegiatan ekstra kurikuler, atau karena keadaan orang tua yang kurang mampu, sehingga siswa yang bersangkutan sulit bersaing melalui SNMPTN.

Syarat-Syarat

  1. Siswa SMA atau MA atau SMK Pertanian, SMK Peternakan, SMK Perikanan (negeri/swasta) yang akan lulus pada tahun 2010.
  2. Mempunyai prestasi akademik dan atau non-akademik tinggi yang ditunjukkan melalui serangkaian bukti prestasi:
    Untuk calon yang diterima melalui prestasi akademik: rapor kelas X semester 2 sampai kelas XII semester 1 mempunyai nilai kognitif rata-rata dan nilai kognitif terendah serta nilai kognitif mata pelajaran khusus sesuai dengan syarat jurusan yang dipilih (lihat Tabel 1 dan 2) dan tidak pernah tinggal kelas.
    Untuk calon yang diterima melalui prestasi non-akademik: prestasi yang dapat dipertimbangkan adalah prestasi tingkat propinsi, nasional dan internasional.
  3. Setiap peserta seleksi hanya dapat memilih 1 (satu) program studi yang ada di Universitas Brawijaya, sesuai dengan jurusannya di SLTA (lihat tabel 1).

Pelaksanaan Pendaftaran

Tata cara pelaksanaan pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara on-line melalui: http://selma.brawijaya.ac.id.
  2. Peserta PSB wajib mengisi formulir yang ada di web site dan mencetaknya serta melengkapi berkas pendaftaran dan secara bersama-sama melalui Kepala Sekolah, kepada Panitia Seleksi PSB Universitas Brawijaya selambat-lambatnya tanggal 20 Februari 2010, Cap Pos.
  3. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (Dua ratus ribu rupiah) per peserta, disetorkan/ditransfer ke:

Rekening Rektor Universitas Brawijaya
pada Bank BNI Cabang Universitas Brawijaya
Jalan Veteran Malang
No. Rek 0039649428

(Catatan: Tidak melayani pembayaran melalui Wesel Pos).

Macam Formulir Isian Dan Kelengkapannya

Kelengkapan yang wajib dipenuhi dan diserahkan oleh setiap peserta seleksi harus sesuai dengan data yang dilampirkan, terdiri dari:

  1. Surat pernyataan pendaftaran (dicetak dari web site setelah mengisi formulir)
  2. Bukti transfer atau pembayaran dari Bank.
  3. Lampiran berupa fotokopi rapor kelas X semester 2 sampai kelas XII semester 1 yang dilegalisir Kepala Sekolah.
  4. Sertifikat prestasi non-akademik atau keterangan lain yang diperlukan dan dilegalisir Kepala Sekolah atau oleh organisasi induk masing-masing.

Pengumuman Hasil Seleksi

Ketentuan dalam pengumuman hasil seleksi adalah sebagai berikut:

  1. Pengumuman penerimaan/hasil seleksi akan dikirim melalui pos kepada Kepala Sekolah sebelum pendaftaran SNMPTN berlangsung.
  2. Lihat di web site Universitas Brawijaya.
  3. Hasil seleksi tidak dapat diganggu gugat.

Kriteria Penilaian

Penilaian untuk Prestasi Akademik:

Penilaian untuk prestasi akademik ini dilakukan melalui 2 tahap, yakni:

Penilaian terhadap mutu sekolah: Penilaian terhadap mutu sekolah dimaksudkan untuk menentukan jumlah maksimal murid yang dapat diterima melalui PSB ini. Kriteria penilaian meliputi: rata-rata nilai (skor) SNMPTN tahun terakhir dan rata-rata nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang diperoleh mahasiswa yang berasal dari sekolah tersebut selama studi di Universitas Brawijaya.

Penilaian terhadap calon mahasiswa: Penilaian terhadap calon mahasiswa meliputi: prestasi akademik (Rapor) dengan skor tertentu sesuai dengan masing-masing program studi yang dipilih.

Penilaian untuk calon yang diterima melalui Prestasi Non-Akademik:

Yang dimaksud dengan prestasi non-akademik adalah prestasi di bidang olah raga dan kesenian dalam berbagai cabangnya dengan tingkat prestasi juara I, II dan III tingkat propinsi/nasional/internasional, tanpa memperhatikan prestasi akademiknya (catatan: ketentuan ini tidak berlaku untuk pilihan semua program studi di Fakultas Kedokteran dan Program Kedokteran Hewan).

Apabila lulus seleksi melalui Prestasi Non Akademik, maka diwajibkan mengikuti tes Bakat dan Kemampuan di UB dengan jadwal yang akan ditentukan kemudian.

Daftar Ulang

Bagi peserta yang diterima/lulus hasil seleksi, diwajibkan melakukan daftar ulang dengan melengkapi persyaratan administrasi yang akan ditentukan kemudian.

Lain-Lain
Biaya studi (SPP, SPFP dan lain-lain) bagi mahasiswa yang diterima melalui PSB lihat tabel 3 dan tabel 4. Berkas pendaftaran harus dikirimkan secara kolektif oleh sekolah dan selambat-lambatnya tanggal 20 Februari 2010, Cap Pos sudah diterima Sekretariat Panitia PSB Universitas Brawijaya, yang beralamat pada:

Kepala Bagian Akademik
Universitas Brawijaya ( Gedung Rektorat Lantai II )
Jalan Veteran Malang 65145
Telepon (0341) 551611 dan 575777 Pesawat 117 dan 118 atau (0341) 575754
Fax. (0341) 565420 dan 575813
E-mail: baak@brawijaya.ac.id
Website: http://selma.brawijaya.ac.id

Informasi lainnya :
PMDK di nasehatguruku.blogspot.com
PMDK Prestasi UNESA ONLINE 2010
PMDK Prestasi UNAIR 2010
Seminar International Pendidikan Jepang 2010
Workrshop Bahasa Inggris GRATIS

6 comments on “Beasiswa Mahasiswa Berprestasi UNIBRAW 2010

Tinggalkan komentar