Pendaftaran PMDK Prestasi UNAIR 2010

PENGUMUMAN PMDK Prestasi UNAIR 2010 disini

PMDK-Prestasi diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun 2010 yang mempunyai prestasi ilmiah atau non-ilmiah tertinggi di sekolah atau di luar sekolah dari seluruh jenis SLTA di Indonesia.
Prestasi yang menonjol di bidang ilmiah maupun non-ilmiah dari siswa-siswa di SLTA merupakan prediktor keberhasilan yang baik bagi seseorang di Perguruan Tinggi. Walaupun belum disimpulkan secara umum, namun banyak sekali mahasiswa berprestasi akademik adalah siswa-siswa berprestasi di SLTA-nya.
Universitas Airlangga memberikan penghargaan kepada siswa-siswa berprestasi tersebut dengan memberikan kesempatan untuk menjadi mahasiswa di Universitas Airlangga melalui PMDK-Prestasi.

BEASISWA MENGIKUTI UJIAN (BMU)

Kepada calon peserta PMDK Prestasi dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi akan mendapatkan Beasiswa Mengikuti Ujian (BMU) dalam bentuk bantuan biaya perjalanan dan akomodasi serta biaya pendaftaran PMDK Prestasi.

Prosedur dan mekanisme BMU adalah sebagai berikut:

  1. Syarat Peserta:Didaftarkan sebagai calon peserta PMDK Prestasi melalui sekolah masing-masing. Berasal dari keluarga miskin (GAKIN) dengan kriteria penghasilan keluarga kurang dari Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) per bulan.
    Mengajukan surat permohonan yang ditulis dengan tangan sendiri kepada Rektor Universitas Airlangga sesuai dengan contoh yang disediakan.
    Mengisi formulir yang disediakan dan melampirkan berkas-berkas yang harus dilengkapi oleh siswa dan berkas yang dilengkapi oleh sekolah sesuai dengan panduan Program Beasiswa BIDIK MISI Departemen Pendidikan Nasional.
    Informasi selengkapnya dapat download disini.
  2. Fasilitas BMU: bagi para siswa yang dinyatakan lolos sebagai calon penerima BMU akan mendapatkan fasilitas:
    Bantuan biaya perjalanan dan akomodasi dari domisili yang bersangkutan ke tempat pendaftaran dan tempat ujian.
    Biaya Pendaftaran PMDK Prestasi 2010.
    Biaya hidup dan biaya pendidikan sampai dengan menyelesaikan pendidikan sarjana bagi penerima BMU yang lulus PMDK Prestasi dari Program Beasiswa BIDIK MISI Ditjen Dikti Depdiknas.
  3. Pengiriman permohonan BMU dilaksanakan bersamaan dengan pengiriman formulir pendaftaran awal PMDK Prestasi.
  4. Penetapan penerima BMU : tanggal 10 Maret 2010.PERINGATAN :Apabila Anda tidak termasuk keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, maka jangan memaksakan diri untuk mendapatkan BMU dan Beasiswa BIDIK MISI, sebab pengakuan Anda sebagai keluarga yang kurang mampu secara ekonomi adalah doa Anda yang akan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

PERSYARATAN

PMDK-Prestasi hanya dapat diikuti oleh siswa SLTA yang akan lulus tahun 2010, yang terdiri dari tiga kategori yaitu:

  1. Siswa kelas reguler yang mempunyai salah satu prestasi sebagai berikut :
    Peringkat I sampai V di kelasnya pada kelas III semester gasal dengan mendapat rekomendasi dari kepala sekolah
    Juara I, II atau III pada lomba/kejuaraan akademik, paling rendah tingkat provinsi, yang diakui oleh Dinas Pendidikan setempat/ LIPI/BPPT/Kantor Menristek, pada waktu menjadi siswa SLTA baik perorangan maupun beregu.
    Juara I, II atau III prestasi olahraga atau seni, paling rendah tingkat provinsi, pada waktu menjadi siswa SLTA baik perorangan maupun beregu.
    Pernah menjadi Ketua Umum OSIS SLTA dengan menunjukkan Surat Keputusan/Piagam dari Kepala Sekolah.
  2. Semua siswa kelas akselerasi.
  3. Semua siswa dari Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Formulir Pendaftaran Awal beserta dokumen kelengkapannya dikirim ke Kantor Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Jl. Dharmawangsa 29 Surabaya paling lambat tanggal 15 Februari 2010 (cap pos).

Hasil Seleksi Awal akan diumumkan dan peserta yang lolos akan mendapatkan Surat Panggilan yang akan dikirim ke alamat sekolah. Surat panggilan tersebut sebagai salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran ujian tulis TPPA-UNAIR.

PROGRAM STUDI DAN DAYA TAMPUNG

BIAYA PENDIDIKAN

JADWAL KEGIATAN

Tempat Pendaftaran
GEDUNG SERBA GUNA, KAMPUS B UNAIR
JL. AIRLANGGA 4-6 SURABAYA

informasi lainnya :
PMDK di nasehatguruku.blogspot.com
PMDK / PPSB UNSOED 2010
PMDK POLBAN 2010
BIDIK MISI Politeknik Negeri Malang 2010
PSB Politeknik Negeri Malang 2010

Tinggalkan komentar