Bidik Misi PENS-ITS 2010 lengkap

Pengumuman PMDK PENS ITS 2010 bisa dilihat di nasehatguruku.blogspot.com

Bidik Misi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – ITS 2010

LATAR BELAKANG
Peningkatan pemerataan akses ke perguruan tinggi jenjang pendidikan menengah yang terdiri atas lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat sampai saat ini masih merupakan masalah di negara kita. Banyak lulusan jenjang pendidikan menengah yang berprestasi dan merupakan calon mahasiswa yang potensial tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena berasal dari keluarga kurang mampu. Selain itu peningkatan akses informasi terhadap sumber pendanaan masih sangat terbatas. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menyusun database siswa jenjang pendidikan menengah yang cerdas dan kurang mampu serta memfasilitasi dan atau menyediakan beasiswa dan biaya pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya. Pasal 12 (1.d), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, Bagian Kelima, Pasal 27 ayat (1), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya memberi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada peserta didik yang orang tua atau walinya kurang mampu membiayai pendidikannya. Pasal 27 ayat (2), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan, Bab VI, Pasal 46 ayat (2), menyebutkan bahwa Badan Hukum Pendidikan wajib mengalokasikan beasiswa atau bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik Warga Negara Indonesia yang kurang mampu secara ekonomi dan atau peserta didik yang memiliki potensi akademik tinggi paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah seluruh peserta didik.

Berbagai macam beasiswa oleh pemerintah, misalnya PPA, BBM, PPE, dan BMU, telah diberikan kepada mahasiswa. Akan tetapi jumlah dana yang diberikan masih belum dapat memenuhi kebutuhan biaya pendidikan dan biaya hidup mahasiswa, sehingga belum menjamin keberlangsungan studi mahasiswa hingga selesai.

Mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut serta kenyataan tentang program beasiswa sebagaimana tersebut di atas, maka Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi � Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi yang disebut Beasiswa BIDIK MISI.

QUOTA
Untuk Penerimaan Tahun Ajaran 2010/2011 PENS – ITS mendapat Quota 100 penerima Beasiswa BIDIK MISI

PERSYARATAN PESERTA

  1. Berasal dari SMU / MA dengan bidang studi IPA
  2. Berasal dari SMK yang memiliki keahlian bidang Elektro (Listrik/Elektronika/Telekomunikasi), bidang Teknik Permesinan, bidang Teknologi Informasi.
  3. Dari keluarga kurang mampu dibuktikan dengan surat keterangan RT, RW & Lurah/Kepala Desa, dan Rekening Listrik Terakhir jika ada.
  4. Mempunyai prestasi baik, ditunjukkan dengan nilai kelas 1-3 dan nilai UNAS (bisa menyusul)
  5. Direkomendasikan oleh Kepala Sekolah masing-masing calon dan ditujukan ke:
    Direktur PENS-ITS
    (Up. Panitia Seleksi Penjaringan Calon PMDK
    Jl Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111

Jadwal pendaftaran Bidik Misi

Keterangan: Jadwal Bidik Misi sama dengan jadwal PMDK

Program Studi Bidik Misi

MEKANISME SELEKSI

  1. Mekanisme seleksi dilakukan dengan cara mengevaluasi persyaratan administrasi yang telah dikirim oleh pihak SMU/SMK/MA, yang meliputi :
    – surat keterangan penghasilan
    – Kartu Susunan Keluarga
    – Nilai Rapor Kelas 1,2 dan 3
    – Sertifikat atau Piagam Penghargaan
    – Rekomendasi dari Sekolah
  2. Seleksi akan dilakukan 2 tahap , Tahap pertama iaitu seleksi administrasi, dan tahap kedua adalah visitasi
  3. Hasil seleksi bisa dilihat pada papan pengumuman yang dikirim ke sekolah masing-masing calon atau melalui web site http://eepis-its.edu
    Bagi calon siswa yang dinyatakan diterima dapat melakukan registrasi ke PENS dengan melengkapi persyaratan administrasi pada waktu yang telah ditentukan.

VISITASI
Merupakan kegiatan visitasi (kunjungan) atau survey kebenaran data yang telah disampaikan oleh pihak pelamar beasiswa dengan cara cross check dengan fakta di lapangan. Kegiatan ini meliputi:

  • Mengecek kebenaran surat keterangan yang telah dikirim
  • Mengecek data keluarga pelamar
  • Mengecek kondisi keluarga pelamar

Jika kemudian peserta tidak lulus dalam UNAS maka dinyatakan GUGUR dalam proses seleksi

Download Formulir Bidik Misi DISINI
Download Panduan Bidik Misi DISINI
Pendaftaran Bidik Misi ONLINE disini
Cetak Ulang Formulir Pendaftaran Online BIDIK MISI disini

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya | Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111, INDONESIA
Tel: +62 (31) 594 7280; Fax: +62 (31) 594 6114
pens@eepis-its.edu
http://www.eepis-its.edu

Informasi lainnya :
Bidik Misi di nasehatguruku.blogspot.com
Informasi KRI-KRCI-KRSI 2010
PMDK PENS-ITS 2010 lengkap
Beasiswa BIDIK MISI UNUD 2010
Bidik Misi UM 2010

Tinggalkan komentar