Beasiswa BIDIK MISI UNUD 2010

Beasiswa BIDIK MISI Universitas Udayana 2010

Peningkatan pemerataan akses ke perguruan tinggi jenjang pendidikan menengah yang terdiri atas lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat sampai saat ini masih merupakan masalah di negara kita. Banyak lulusan jenjang pendidikan menengah yang berprestasi dan merupakan calon mahasiswa yang potensial tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena berasal dari keluarga kurang mampu. Selain itu peningkatan akses informasi terhadap sumber pendanaan masih sangat terbatas. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menyusun database siswa jenjang pendidikan menengah yang cerdas dan kurang mampu serta memfasilitasi dan atau menyediakan beasiswa dan biaya pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya. Pasal 12 (1.d), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, Bagian Kelima, Pasal 27 ayat (1), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya memberi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada peserta didik yang orang tua atau walinya kurang mampu membiayai pendidikannya. Pasal 27 ayat (2), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan, Bab VI, Pasal 46 ayat (2), menyebutkan bahwa Badan Hukum Pendidikan wajib mengalokasikan beasiswa atau bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik Warga Negara Indonesia yang kurang mampu secara ekonomi dan atau peserta didik yang memiliki potensi akademik tinggi paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah seluruh peserta didik.

Berbagai macam beasiswa oleh pemerintah, misalnya PPA, BBM, PPE, dan BMU, telah diberikan kepada mahasiswa. Akan tetapi jumlah dana yang diberikan masih belum dapat memenuhi kebutuhan biaya pendidikan dan biaya hidup mahasiswa, sehingga belum menjamin keberlangsungan studi mahasiswa hingga selesai.

Mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut serta kenyataan tentang program beasiswa sebagaimana tersebut di atas, maka Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi yang disebut Beasiswa BIDIK MISI.

Untuk mendapatkan Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi bagian [ INFORMASI ].

Download Buku Panduan dan Formulir disini [ Buku Panduan dan Formulir Beasiswa BIDIK MISI ]
Informasi lebih lengkap klik unud.ac.id

Informasi lainnya :
Bidik Misi di nasehatguruku.blogspot.com
Bidik Misi Unila Untuk Mahasiswa Yang Resmi Lulus
Pendaftaran Bidik Misi UNY 2010 Online
Pendaftaran PBT UII 2010 Tahap I
PMDK ITS Online 2010

Iklan

22 comments on “Beasiswa BIDIK MISI UNUD 2010

  1. apakah jika ada siswa yang kurang mampu sekolah disana…ketika seleksi diterima…bisakah universitas langsung membantu agar siswa tersebut bisa sekolah di kampus udyana

    • Terima kasih atas pertanyaannya. apa yang bisa kita dapatkan jika diterima melalui beasiswa Bidik Misi? disini akan dijawab sebagaimana termaktub dalam Buku Panduan Bidik Misi 2010sbb:

      C. PENGGUNAAN DANA BEASISWA
      1. Besarnya dana biaya hidup setiap penerima beasiswa adalah sebesar Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan tergantung pada indeks harga kemahalan daerah lokasi perguruan tinggi terpilih.
      2. Besarnya biaya pendidikan yang dialokasikan kepada setiap penerima beasiswa adalah sebesar Rp 800.000 (delapan ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) per semester.
      3. Apabila biaya pendidikan di suatu perguruan tinggi terpilih ternyata lebih tinggi dari dana yang tersedia, maka perguruan tinggi terpilih tersebut wajib memberikan bantuan biaya pendidikan sepenuhnya kepada penerima beasiswa.
      4. Apabila terdapat kelebihan dana pendidikan pada suatu perguruan tinggi terpilih, maka perguruan tinggi terpilih tersebut dapat menggunakan untuk:
      a. biaya pelaksanaan tes/seleksi penerimaan (administrasi, transportasi, dan akomodasi);
      b. biaya buku, pelatihan mahasiswa yang bersangkutan, dan sebagainya.
      c. Semua penggunaan dana harus dilaporkan ke Ditjen Dikti.

      info lebih lengkap lihat DISINI

  2. karna saya tahu kampus hanya memberikan kepada siswa yang berprestasi tetapi kurang mampu….sedangkan saya siswa yang mempunyai kemampuan pas-pasan

    • Persyaratan untuk mendaftar program beasiswa BIDIK MISI tahun 2010 adalah:
      1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang dijadwalkan lulus pada tahun 2010;
      2. Berprestasi dan orang tua/wali-nya kurang mampu secara ekonomi;
      3. Calon penerima beasiswa mempunyai prestasi akademik/ kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler yang diketahui oleh Kepala Sekolah/ Pimpinan Unit Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kabupaten/Kota. Adapun prestasi akademik/kurikuler yang dimaksud adalah peringkat 25 persen terbaik di kelas, sedangkan prestasi pada kegiatan ko-kurikuler dan/atau ekstrakurikuler minimal peringkat ke-3 di tingkat Kabupaten/Kota dan harus sesuai dengan program studi yang dipilih.

      TATA CARA PENDAFTARAN
      1. Calon mahasiswa memilih program pendidikan Diploma III, Diploma IV dan Sarjana pada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi BHMN terpilih;
      2. Berhubung jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru di perguruan tinggi penyelenggara tidak bersamaan, maka setiap calon mahasiswa diharuskan memperhatikan jadwal pendaftaran di setiap perguruan tinggi yang dipilih;
      3. Setiap calon mahasiswa dapat memilih maksimal dua program studi, baik dalam satu perguruan tinggi atau di dua perguruan tinggi yang berbeda.
      4. Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas dari siswa yang memenuhi persyaratan melakukan pendaftaran secara kolektif, untuk siswa/peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya, kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pimpinan perguruan tinggi penyelenggara yang dituju dengan melampirkan berkas sebagai berikut:
      a. Berkas-berkas yang dilengkapi oleh siswa
      1) Formulir pendaftaran yang telah diisi oleh siswa yang bersangkutan dan dilengkapi dengan pasfoto ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar. Formulir pendaftaran dapat diunduh di alamat http://www.dikti.go.id dan/atau http://www.kelembagaan.dikti.go.id atau difotokopi dari panduan program beasiswa BIDIK MISI yang tersedia;
      2) Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau yang sejenis sebagai bukti siswa aktif;
      3) Fotokopi rapor semester 1 s/d 5 disertai surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik yang disahkan (legalisasi) oleh kepala sekolah/ pimpinan unit Dikmas;
      4) Fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi keluarga yang tidak memiliki kartu Keluarga Miskin, harus menyertakan Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
      5) Fotokopi Kartu Keluarga;
      6) Jika diperlukan dapat menyertakan bukti pendukung lain seperti fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya.
      b. Berkas yang dilengkapi oleh Sekolah/Unit Dikmas
      1) Rekomendasi dari Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas yang memberikan keterangan bahwa pendaftar adalah siswa berprestasi yang orang tua/wali-nya kurang mampu;
      2) Daftar nama pelamar ke perguruan tinggi penyelenggara yang dituju.

      Kebijakan diluar ketentuan diatas silahkan ditanyakan di Panitia Bidik Misi UNUD atau ke website UNUD DISINI

  3. saya siswa kurang mampu ingin mendaftarkan diri sebagaicalon mahasioswi unuversitas udayana..formulir pendaftaran saya kirim ke alamat mana ya

  4. apakah pendaftar beasiswa bidik misi bisa bebas memilih fakultas yang diinginkan atau hanya fakultas tertentu saja yang bisa?
    jika fakultas tertentu, fakultas apa saja?
    terimakasih

    • Pendaftar bisa memilih program studi apa saja dan PT mana saja yg mengikuti Bidik Misi, Namun maksimal 2 program studi dan boleh di PT yang berbeda. Lebih lengkap program studi Bidik Misi bisa dilihat disini (kanan atas).

  5. saya dari lampung, kebetulan saya juga masih sibuk untuk lomba nasional, jadi apakah boleh di kirim lewat alamat kampus universitas udayana

  6. saya stenly dari poso,sulawesi tengah..berkas2 pendaftaran beasiswa bidik misi sudah dikirim oleh pihak sekolah,saya lulusan tahun 2010 smk pariwisata poso,dan mendapat ranking 1 (juara 1 umum )..harapan saya untuk bisa kuliah,hanya di bidik misi ini..tolong saya,saya ingin kuliah..trima kasih..tuhan memberkati

  7. saya diterima di FTP Jurusan TIP melalui PMDK Gel.II penerimaan utama. Semua berkas bidik misi sudah saya serahkan, lalu kapan pengumuman siapa saja yang diteriam atau tidak dan melalui apa kami bisa mengetahui pengumumaN TERSEBUT? TRIMAKASIH.

  8. saya ingin tanya. saya siswa kurang mampu dan saya sudah diterima di univ.udayana di fak.sastra jalur pmdk periode april. saya pun juga sudah mengumpulkan semua berkas persyaratan bidikmisi bersamaan dengan formulir pmdk april kemarin. tapi saya tidak tahu menahu tentang informasi bidikmisi selanjutnya. saya juga kurang tahu kapan pengumuman bidikmisi univ.udayana keluar.
    saya kurang tahu banyak informasi tentang univ.udayana karena alamat saya di Sidoarjo dan saya tidak ada relasi ataupun keluarga di Bali.

  9. maaf.. saya ilmi dari Sidoarjo. saya sudah diterima di univ.udayana periode April. dan saya sudah menyerahkan semua berkas bidikmisi bersamaan dengan berkas pendaftaran PMDK periode April. saat daftar ulang tanggal 3 Mei kemarin saya baru mendapat informasi bahwa bagi calon mahasiswa yang telah mengajukan beasiswa bidikmisi harap ke loket beasiswa atau harap mengajukan kembali bagi yang belum mengajukan.waktu itu saya tidak ke loket beasiswa karena saya harus segera ke loket lain untuk melengkapi formulir lainnya mengenai daftar ulang di univ. udyana.apakah saat itu ada persyaratan lain yang harus dilengkapi? kalau ada,persyaratannya apa saja dan kalau saya ingin melengkapi persyaratan tersebut menyusul atau mengajukan persyaratan beasiswa kembali apa masih ada kesempatan?sampai saat ini saya tidak pernah mendapat informasi dari univ.udayana mengenai beasiswa bidikmisi.kira-kira kapan pengumuman bidikmisi unud akan keluar.
    mohon bantuan bapak/ibu untuk membantu menjawab.
    terima kasih.

  10. maaf.. saya ilmi dari Sidoarjo. saya sudah diterima di univ.udayana periode April. dan saya sudah menyerahkan semua berkas bidikmisi bersamaan dengan berkas pendaftaran PMDK periode April. saat daftar ulang tanggal 3 Mei kemarin saya baru mendapat informasi bahwa bagi calon mahasiswa yang telah mengajukan beasiswa bidikmisi harap ke loket beasiswa atau harap mengajukan kembali bagi yang belum mengajukan.waktu itu saya tidak ke loket beasiswa karena saya harus segera ke loket lain untuk melengkapi formulir lainnya mengenai daftar ulang di univ. udyana.apakah saat itu ada persyaratan lain yang harus dilengkapi? kalau ada,persyaratannya apa saja dan kalau saya ingin melengkapi persyaratan tersebut menyusul atau mengajukan persyaratan beasiswa kembali apa masih ada kesempatan?sampai saat ini saya tidak pernah mendapat informasi dari univ.udayana mengenai beasiswa bidikmisi.kira-kira kapan pengumuman bidikmisi unud akan keluar.
    mohon bantuan bapak/ibu untuk membantu menjawab.
    terima kasih.

  11. saya lulusan SMA tahun 2008,apakah msh bs mngikuti program ini??saat ini sy sedang bekerja dan saya ingin kuliah lagi.dulu sy per diterima d beberapa universitas tp krn keterbatasan biaya saya memilih bekerja.apakah nilai sy msh berguna?

  12. dimana saya bisa mendapatkan formulir pendaftaran bidikmisi?? saya dari keluarga kurang mampu dan saya sangat ingin bersekolah di unud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s