Beasiswa PBUMD Universitas Muhammadiyah Surakarta 2010

PENJARINGAN BIBIT UNGGUL MUHAMMADIYAH DAN DAERAH (PBUMD)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010

Diinformasikan kepada para siswa kelas 3 SLTA pada tahun akademik 2010/2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka pendaftaran pengajuan beasiswa dan fasilitas keringanan untuk kuliah melalui program PBUMD (Penjaringan Bibit Unggul Muhammadiyah dan Daerah) dengan ketentuan sebagai berikut:

TUJUAN
Program PBUMD bertujuan untuk membantu para siswa SLTA berprestasi tetapi memerlukan dukungan pendanaan atau fasilitas keringanan biaya untuk studi lanjut di Perguruan Tinggi. (Berlaku untuk semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran & Program Internasioal Double Degree).

JENIS BEASISWA & FASILITAS KERINGANAN
Jenis beasiswa dan fasilitas keringanan yang ditawarkan progam PBUMD meliputi:
a. Fasilitas Bebas tes
b. Beasiswa UMS, kapasitas 100 orang
Besar beasiswa Rp 100.000/bulan selama 1 tahun (setelah 1 tahun bisa mendapatkan beasiswa dari sumber/sponsorship lain)
c. Keringanan Dana Pengembangan sebesar 50%

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
Peserta yang berhak mendaftar PBUMD adalah siswa yang memenuhi persyaratan:
a. Siswa kelas 3 SLTA
b. Memiliki prestasi berupa: meraih ranking 1–10 (sepuluh besar) di kelasnya selama 5 semester berturut-turut dengan nilai rapor selama 5 semester di atas 7,2

PROSEDUR PENDAFTARAN
a. Siswa mengisi Formulir Pendaftaran PBUMD (download disini) dengan mendapatkan persetujuan/rekomendasi dari Kepala Sekolah (dalam bentuk tanda tangan Kepala Sekolah dan Cap Sekolah)
b. Siswa mengirim Formulir Pendaftaran PBUMD dengan menyertakan dokumen berikut: foto kopi rapor 5 semester yang dilegalisir, surat keterangan penghasilan orangtua/wali murid dari instansi yang bersangkutan atau dari kelurahan bagi yang berwiraswasta, sertifikat-sertifikat penghargaan pendukung
c. Pengiriman bisa melalui surat pos ke Panitia PMB UMS 2010/2011 Jl A. Yani Tromol pos 1, Pabelan Surakarta 57102 atau fax +62 (271) 715 448 atau berkas aplikasi langsung diserahkan ke Kantor Admisi ODS UMS

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Berkas Pendaftaran diterima selambat-lambatnya pada akhir Gelombang I (5 Juni 2010).

SISTEM SELEKSI & PENGUMUMAN
Setelah masa pendaftaran berakhir, proses seleksi akan dilakukan dengan skoring untuk menetapkan peringkat peserta. Peserta dengan skor tertinggi akan menduduki ranking atas dan memperoleh prioritas sebagai calon mahasiswa PBUMD. Sistem seleksi dilakukan berdasarkan rangking melalui komputer, dan hasilnya akan diperoleh sebagai berikut: 100 siswa terbaik adalah calon mahasiswa PBUMD yang akan memperoleh hak berupa bebas tes, keringanan Dana Pengembangan 50% dan beasiswa Rp 100.000/bulan selama 1 tahun dari UMS.

Catatan: Di atas ranking 100, siswa mendapat fasilitas berupa Bebas Tes (tidak berlaku untuk Fakultas Kedokteran dan Program Internasional Double Degree; PGSD dibatasi)

WAKTU PENGUMUMAN
Pengumuman akan dilakukan pada pertengahan Juni 2010 melalui Pos yang dialamatkan siswa yang bersangkutan dengan tembusan ke sekolah masing-masing. Daftar nama yang diterima PBUMD juga ditampilkan di website.

REGISTRASI
Para calon mahasiswa PBUMD UMS diwajibkan mendaftarkan diri ke UMS (Kantor One day Service Admission) dengan membayar uang pendaftaran (Rp. 150.000,-), Dana Pengembangan, dan tes kesehatan (Rp. 25.000,-) untuk jurusan yang mempersyaratkan Tes Kesehatan paling lambat akhir Gelombang II (3 Juli 2010).

Formulir pendaftaran PBUBD download disini

Informasi lebih lanjut hubungi tentang PBUMD:
Suryadi (Bagian Kemahasiswaan) Telp. (0271) 717417 ext. 109 atau HP 08122982245

Informasi lainnya :

PMDK di nasehatguruku.blogspot.com
Beasiswa Pemerintah Prancis (BGF) 2010
Beasiswa BUD IPB 2010
Pendaftaran PBT UII 2010 Tahap I
Pendaftaran Bidik Misi UNPAD 2010

Iklan

4 comments on “Beasiswa PBUMD Universitas Muhammadiyah Surakarta 2010

  1. pada persyaratan PBUMD telah disebutkan harus mempunyai prestasi min. mendapat peringkat 10 besar selama 5 semester.

    yang jadi masalah untuk siswa yang sekolah di SMA/SMU/STM/SMK/SMEA unggulan, biasanya dengan jumlah nilai akademik di atas 7,XX belum mendapat peringkat 10 ataupun 11, karena persaingan nilai diantara siswa diatas rata-rata. menimbulkan pernyataan bahwa siswa tersebut belum berprestasi.

  2. sy aktfs ortom muhammadiyah daerah, berhubung pbumd adlah penjaringan bibit unggul muhammadiyah dan daerah. mka sy akn ikut dengan mendapat rekomendasi dari pimpinan daerah setempat, kira-kira gimana?

  3. gemana kalo di sekolahan mereka sudah tidak memeakai sistem rangking ? tapi hanya menggunakan sistem nilai aja ?

    jadi kita tdk tau rangking kita rngking berapa ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s