Beasiswa Bidik Misi 2010

Beasiswa Pendidikan Bagi Calon Mahasiswa Berprestasi Dari Keluarga Kurang Mampu

I. KETENTUAN UMUM

A. SASARAN

Lulusan jenjang pendidikan menengah yang terdiri atas lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2010 yang berprestasi dan orang tua/wali-nya kurang mampu secara ekonomi.

B. JANGKA WAKTU PEMBERIAN BEASISWA

Beasiswa diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus mahasiswa aktif.

C. PENYELENGGARA

Penyelenggara program beasiswa BIDIK MISI adalah perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi BHMN terpilih di bawah Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama.

D. DANA BEASISWA

Dana beasiswa dan biaya pendidikan yang diberikan adalah sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) per mahasiswa per semester yang diprioritaskan untuk biaya hidup.

II. KETENTUAN KHUSUS

A. PERSYARATAN

Persyaratan untuk mendaftar program beasiswa BIDIK MISI tahun 2010 adalah:

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang dijadwalkan lulus pada tahun 2010;
  2. Berprestasi dan orang tua/wali-nya kurang mampu secara ekonomi;
  3. Calon penerima beasiswa mempunyai prestasi akademik/ kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler yang diketahui oleh Kepala Sekolah/ Pimpinan Unit Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kabupaten/Kota. Adapun prestasi akademik/kurikuler yang dimaksud adalah peringkat 25 persen terbaik di kelas, sedangkan prestasi pada kegiatan ko-kurikuler dan/atau ekstrakurikuler minimal peringkat ke-3 di tingkat Kabupaten/Kota dan harus sesuai dengan program studi yang dipilih.

B. KUOTA

  1. Banyaknya penerima beasiswa pada tahun anggaran 2010 adalah 20.000 orang;
  2. Jumlah tersebut didistribusikan kepada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi BHMN di bawah Depdiknas yang ditentukan oleh Depdiknas dan di perguruan tinggi negeri di bawah Depag yang ditentukan oleh Depag;
  3. Kuota beasiswa yang ditetapkan untuk setiap perguruan tinggi terpilih disesuaikan dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima setiap tahunnya dan/atau jumlah total mahasiswa di perguruan tinggi tersebut serta pertimbangan lainnya.

C. PENGGUNAAN DANA BEASISWA

  1. Besarnya dana biaya hidup setiap penerima beasiswa adalah sebesar Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan tergantung pada indeks harga kemahalan daerah lokasi perguruan tinggi terpilih.
  2. Besarnya bantuan biaya pendidikan yang dialokasikan kepada setiap penerima beasiswa adalah sebesar Rp 800.000 (delapan ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) per semester.
  3. Apabila biaya pendidikan di suatu perguruan tinggi terpilih ternyata lebih tinggi dari dana yang tersedia, maka perguruan tinggi terpilih tersebut wajib memberikan bantuan biaya pendidikan sepenuhnya kepada penerima beasiswa.
  4. Apabila terdapat kelebihan dana pendidikan pada suatu perguruan tinggi terpilih, maka perguruan tinggi terpilih tersebut dapat menggunakan untuk:
  • biaya pelaksanaan tes/seleksi penerimaan (administrasi, transportasi, dan akomodasi);
  • biaya buku, pelatihan mahasiswa yang bersangkutan, dan sebagainya.
  • Semua penggunaan dana harus dilaporkan ke Ditjen Dikti.

D. PENYALURAN DANA

  1. Beasiswa dibayarkan setiap semester berdasarkan kontrak yang telah ditandatangani oleh perguruan tinggi terpilih dengan Ditjen Dikti;
  2. Pimpinan perguruan tinggi penyelenggara memberikan dana biaya hidup kepada mahasiswa dengan perhitungan per bulan;
  3. Penyaluran beasiswa dari perguruan tinggi penyelenggara kepada mahasiswa penerima melalui rekening mahasiswa atau dibayarkan melalui bank;
  4. Penyaluran biaya pendidikan diatur oleh perguruan tinggi penyelenggara sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  5. Dana beasiswa tidak boleh dipotong untuk kepentingan apapun.

MEKANISME PENDAFTARAN

Formulir Pendaftaran download DISINI

DAFTAR PERGURUAN TINGGI PENYELENGGARA PROGRAM BEASISWA BIDIK MISI TAHUN 2010

1. Di bawah Pembinaan Departemen Pendidikan Nasional

Daftar Perguruan Tinggi selengkapnya lihat DISINI

2. Di bawah Pembinaan Departemen Agama

Daftar Perguruan Tinggi selengkapnya lihat DISINI

Informasi lainnya :
Bidik Misi Unila Untuk Mahasiswa Yang Resmi Lulus
Pendaftaran Bidik Misi UNY 2010 Online
Beasiswa BIDIK MISI UNUD 2010
Bidik Misi UM 2010
Bidik Misi PENS-ITS 2010 lengkap

Iklan

11 comments on “Beasiswa Bidik Misi 2010

    • Pelaksanaan Program Beasiswa Bidik Misi berbeda-beda tiap-tiap PT, biasanya bertepatan dengan Penerimaan mahasiswa Baru (PMB). Kita harus pandai mencari informasi baik melalui website PT yang kita tuju maupun kita mencari sendiri dengan bertanya di temapt pendaftaran PMB PT tersebut. Contohnya di UNEJ dibuka pendaftaran mulai 15 februari sampai 16 april 2010, lihat DISINI. Contoh lagi, di UNY. pendaftaran dibuka mulai 28 januari sampai 26 februari 2010, lihat DISINI

    • mungkin yang dimaksud UNISMA? UNISMA tidak ikut Program Penyediaan Beasiswa Bidik Misi. namun tidak perlu khawatir ada beberapa PT malang yang menyediakan Bidik Misi. Diantaranya UM menyediakan 450 kuota lihat DISINI, POLINEMA ada 75 kuota lihat DISINI, UNIBRAW memastikan 500 kuota lihat DISINIdan UIN menyediakan 100 kuota liaht DISINI.

  1. Pengumuman hasil bidik misi UNS ko ga da ya? dalam buku panduan dijelaskan pada minggu ke 3 mei.Mohon informasinya.

  2. saya mewakili rekan-rekan dari smk 1 magelang,ingin menanyakan pengumuman hasil seleksi sudah ada atau belum?terimakasih.

  3. askum………..
    saya mw tx kpn pengumuman bidik misi unri??????………
    tlg klw dah da pengumuman di kirim ke email saya.
    wassalam……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s